AKTA NOTARIS: Nomor 08, Tanggal 27 November 2012 RA.CHANDRA DEWI KUSUMAWATI,SH Informasi Pendaftaran Hub.0878 384 63732

Jumat, 02 Januari 2015

Lidah Buaya



‘’Alue vera Linn  bisa menjadi imut,manis dan mendatangkan rupiah’’
Oleh : Kamidi bin Karta Utama


Diantara tanda-tanda kebesaran Allah Subhannahu wa Ta’alla di ciptakanya bumi , langit dan seisinya. Lidah Buaya adalah salah satu dari ciptaan-Nya yang ada di sekitar kita dan banyak manfaatnya bagi manusia. 
Jenis tanaman herbal yang satu ini dikenal sebagai obat sakit kepala (pusing), sembelit,kejang pada anak (Mainutrition),kurang gizi ( Malnutrition),Batuk rejan (Pertussis), muntah darah, Kencing manis (DM),Wasir,Peluruh haid, Penyubur rambut.
Pada tulisan ini saya tidak akan menulis secara panjang lebar pmanfaatan dan cara Lidah buaya untuk pengobatan terhadap penyakit seperti yang saya sebutkan di atas.
Dalam perjalanan saya untuk menulis inspirasi usaha kali ini anda akan saya ajak berkunjung ke daerah Wates, Kulon Progo untuk menemui Bapak Imam Rodli. Bapak yang telah di karuniai dua anak ini senang dengan dunia tanaman . Di depan dan samping rumahnya itu dia membudidayakan kurang lebih 450 pot tanaman Lidah buaya.
 Jenis tanaman herbal  yang berlendir iini oleh Imam Rodli di olah menjadi aneka minuman : cendol, manisan, ice cream, teh, madu alue vera dan keripik. Lidah buaya yang tadinya hanya di kenal sebagai obat ternyata bisa di olah menjadi aneka minuman dan makanan yang enak . Yang lebih utama tentunya mempunyai nilai ekonomi yan tinggi, karena jenis makanan seperti olahan Imam Rodli ini tergolong masih langka. Namun bagi anda yang pernah mencoba jenis makanan dari Alue vera ini pasti akan ketagihan . Selain enak rasanya , kandungan dari herbal yang satu ini juga bermanfaat bagi tubuh anda.
Ketika saya berkunjung rumah beliau yang sekaligus sebagai kedainya kami berbincang-bincang seputar proses penanaman hingga sampai mengajarkan cara membuat aneka olahan dari Lidah buaya. Alhamdulillah saya di ajarkan dari cara menanam hingga  proses pembuatan aneka minuman.
Selain cara menanam yang mudah, ternyata cara mengolahnyapun juga mudah. Untuk pembuatan cendol, manisan, ice cream dan keripik proses awalnya hamper sama . Pertama daun Lidah buaya di sayat bagian luarnya kemudian di ambil bagian tengahnya . Untuk pembuatan cendol bagian tengah yang merupakan daging dari daun lidah buaya ini di potong  0,5 cm dan panjangnya sesuai selera. Untuk pembuatan manisan maupun ice cream di potong  1,5 x 1,5 cm.
Setelah proses pemotongan selesai , taburkan garam secukupnya  di  potongan daging lidah buaya kemudian di remas-remas sampai garam merata . Cuci di pancuran air yang mengalir agar lender mudah hilang . Proses selanjutnya potongan – potongan tersebut di masukan kedalam panic yang di isi air  sampai airnya mendidih.
Untuk npembuatan cendol dan manisan , setelah potongan di tiriskan dan dingin selanjutnya siap di hidangkan di tambah sirup sesuai selera anda.
Untuk pembuatan ice cream potongan- potongan Lidah buaya yang sudah di rebus dan dingin di masukan ke blender  di tambah gula dan susu . Penambahan susu bisa bervariasi bisa susu coklat, putih, strawberry sesuai selera yang di inginkan. Supaya rasa manisnya lebih mantap bisa di tambahkan garam sedikit.
Stelah di blender sampai  lembut berarti tinggal memasukan hasil blenderan tersebut ke dalam cup plastik seperti  cup yang sering di pakai untuk pembuatan puding atau agar-agar . Nah sekarang tinggal memasuksn ke dalam pendingin.
Subhannallah….! Sungguh mudah dan simpel  proses pengolahan lidah buaya.
Satu daun Lidah buaya bisa mencapai berat hingga 1 kg, dan bisa menghasilkan  50 cup plastic ukuran kecil. Untuk 1 cup tersebut Pak  Imam menjual dengan harga Rp 2000,- dan dalam sehari rata –rata  habis terjual 150 sampai 200 cup.
Menurut pengakuan Pak Imam , dia pernah mendapat permintaan  800 cup per hari, untuk mensuplay ice cream buatanya ke salah satu perusahaan di Jogya. Namun beliau menolaknya lantaran masih langkanya  orang yang membudidayakan tanaman ini, Sehingga dia masih kesulitan bahan baku Lidah buaya ini.
Saat ini  untuk 1 kg Lidah buaya rata-rata harga Rp 5000,-dari petani dan kalau sudah masuk  swalayan harga mencapai Rp 8000 hingga !0 000 per kg.Dalam hal ini berati budidaya Lidah buaya masih memiliki peluang yang sangat besar.
Kulit dari Lidah buaya oleh Pak Imam di jemur sampai kering. Dan dari kulit ini bisa di manfaatkan unuk Teh Alue Vera.
Dari Kulit Lidah buaya yang sudah di keringkan ini apabila dihaluskan menjadi serbuk maka bisa untuk campuran madu. Madu Alue Vera Pak Imam  di antaranya berkasiat untuk menyembuhkan batuk. Madu Alue Vera buatanya sudah mendapat banyak pesanan. 
Sungguh Allah Subhannahu wa Ta’alla menciptakan  berbagai tanaman  yang ada sekitar kita mempunyai manfaat yang luar biasa . Hal ini  seharusnya bisa menjadi pelajaran dan membukakan mata  hati kita sebelum membuka kedua mata kita. 
Banyak peluang yang bisa kita gali  dan semuanya tidak jauh dari tempat kaki kita berpijak untuk di kembangkan menjadi sebuah usaha . 
Sosok Pak Imam layak menjadikan pelajaran bagi mereka yang menginginkan sukses dalam usaha. Dia telah menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dan dia  menjadikan sesuatu yang dulu belum ada dan sekarang menjadi ada.Ini yang di sebut jiwa wirausaha, Wira dalam bahasa jawa dari kata perwira artinya pemberani. Wirausaha dalam kata lain bisa berarti pemberani dalam melakukan aktivitas usaha. 
Dan kenyataanya kesuksesan akhirnya milik mereka yang mempunyai jiwa pemberani bukan milik mereka yang mempunyai jiwa pengecut atau pecundang. 
Seorang wira usaha berani menghadapi rintangan dan hambatan yang ada di depanya untuk mencapai sukses, sedang pecundang menjadi pengecut dan takut menghadapi rintangan yang ada di depanya . Kadang mereka mencari dalih untuk lari dari rintangan yang seharusnya di hadapi , agar tidak  di katakan sbagai pengecut .
Di dalam Islam teman mempunyai peran yang sangat penting, sebagaimana berteman dengan seorang tukang pandai besi dan berteman dengan seorang penjual minyak wangi.  Berteman dengan seorang tukang pandai besi minimal akan kena baunya yang tidak sedap dan berteman dengan penjual minyak wangi minimal akan mencium bau harum dari minyak wangi tersebut.
Begitu juga apabila kita ingin menjadi pengusaha ,kita juga harus banyak bergaul dengan seorang pengusaha muslim yang shalih. Karena  prilaku manusia kadang condong meniru prilaku temanya. Maka apabila kita banyak teman yang beprofesi sebagai pengusaha , maka profesi mereka akan memberi dampak yang mendorong kita untuk menjadi pengusaha. Wallahu A’lam.

2 komentar:

  1. sangat menginspirasi :)
    perkenalkan saya siwi mahasiswa pertanian UGM
    kalau boleh tahu dimana tempatnya persis kebun pak imam dan nomer yang bisa dihubungi, sepertinya saya tertarik untuk belajar. terimakasih

    BalasHapus
  2. sangat menginspirasi :)
    perkenalkan saya siwi mahasiswa pertanian UGM
    kalau boleh tahu dimana tempatnya persis kebun pak imam dan nomer yang bisa dihubungi, sepertinya saya tertarik untuk belajar. terimakasih

    BalasHapus

Free Earth Cursors at www.totallyfreecursors.com